Profil Anwar Abbas, Ahli Ekonomi Islam yang Terpilih Sebagai Anggota PP Muhammadiyah 2022-2027

waketum-mui-anwar-abbas-2_169

EKISNEWS – Anwar Abbas terpilih sebagai salah satu anggota PP Muhammadiyah masa bakti 2022-2027. Dia terpilih dalam Muktamar Muhammadiyah dan Aisiyah ke-48 yang digelar sejak Jumat hingga Minggu 18-20 November 2022.

Pria kelahiran 15 Februari 1955 ini merupakan ulama, dosen, dan juga ahli ekonomi Islam Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020–2025.

Tak hanya itu, ia juga sempat menjadi Sekretaris Jenderal MUI (2015-2020) dan salah seorang Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah (2015–2020). Ia juga merupakan mantan Bendahara Umum PP Muhammadiyah dan pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Bacaan Lainnya

Bahkan, pada juga periode 1997–1999 dia pernah diangkat sebagai Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Utusan Golongan.

Di tingkat internasional, ia pernah menjadi Wakil Presiden Konfederasi Buruh Islam Internasional (International Islamic Confederation of Labour, IICL) pada 2000–2005.

Anwar Abbas lahir di Jorong Balai Mansiro, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Pria Minang ini mendapat gelar Magister Agama dengan konsentrasi ekonomi Islam di Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Magister Manajemen dari STIE-IPWI Jakarta. Sedangkan, gelar Doktor Syariah/Pemikiran Islam ia raih dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2008.

Sepanjang hidupnya, Anwar Abbas berkarier sebagai dosen tetap PNS Program Studi Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Ia baru pensiun sebagai dosen pada 1 Maret 2020.

Ia pernah menjabat Wakil Rektor II dan IV Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Jakarta yang sekarang bernama UHAMKA. Ia juga dipercaya menduduki jabatan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur.

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait