Ekonom Muslim Dr. Nejatullah Siddiqi Meninggal Dunia

muhammad nejatullah siddiqi

EKISNEWS – Ekonom Muslim dan mantan Profesor Universitas Muslim Aligarh, Dr Nejatullah Siddiqi meninggal dunia di California, AS di usia 91 tahun pada 12 November lalu.

Dr Nejatullah Siddiqi adalah seorang ekonom Muslim terkemuka, yang karyanya pada perbankan bebas bunga (Banking without Interest) merupakan dasar ekonomi Islam.

Untuk waktu yang lama, ia tinggal bersama putranya, Prof Muhammad A Siddiqi. Sholat jenazahnya dilaksanakan di MCA (Muslim Community Association), masjid Santa Clara (AS) pada hari Minggu. Dia pernah bergabung dengan Jamaat-e-Islami Hind. Pasca pensiun, dia tinggal bersama anak-anaknya di AS.

Bacaan Lainnya

Lahir pada tanggal 21 Agustus 1931 di Gorakhpur, di negara bagian Uttar Pradesh, India, Dr Siddiqui mengajar ekonomi di Universitas Muslim Aligarh dan kemudian di Universitas King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

Seorang penulis yang produktif dalam bahasa Urdu dan Inggris, ia memiliki 63 karya dalam 177 publikasi. Beberapa karyanya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, Persia, Turki, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan bahasa lainnya.

Di India, Dr Siddiqi telah berkontribusi pada pengembangan keuangan mikro tanpa bunga melalui Model Koperasi di India. Dia bergabung dengan Sahulat Microfinance Society sejak awal.

Pada tahun 1982, ia dianugerahi Penghargaan Internasional Raja Faisal tahun 1982 untuk Studi Islam. Dia kemudian menjadi Fellow di Center for Near Eastern Studies di University of California, Los Angeles. Selain itu, beliau juga pernah menjadi peneliti tamu di Islamic Research and Training Institute, Islamic Development Bank, Jeddah. (rel)

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait