PPIU Didorong Tangkap Peluang Wisata Halal

Pengunjung melihat produk yang dipamerkan saat gelaran Halal Expo Indonesia di Ice BSD, Tangerang, Banten, Jumat (6/12). Kegiatan yang mengusung tema Halal is Everything tersebut menyajikan berbagai macam produk halal mulai dari makanan, fashion, kosmeti | Thoudy Badai_Republika

EKISNEWS – Bekerja sama dengan Traya Eksibisi Internasional, Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) menggelar Isra Festival pada 23-25 Desember 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Kegiatan ini dinilai sebagai momen yang tepat bagi kalangan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk bangkit dengan menangkap peluang di sektor wisata halal.

“Saatnya travel haji dan umrah membuktikan eksistensinya. Mereka kini juga punya produk lain yaitu wisata halal yang membawa pelancong berwisata ke dalam dan luar negeri,” kata Sekretaris Jenderal Himpuh Firman Taufik saat konferensi pers terkait penyelenggaraan Isra Festival di Jakarta, Rabu (14/12).

Ia menjelaskan, wisata halal atau wisata ramah Muslim berbeda dengan jenis wisata lainnya. Dalam wisata halal, akan diperhatikan betul waktu shalat, kehalalan makanan yang diberikan, serta penjelasan destinasi dari sisi perkembangan Islam.

Mengenai Isra Festival, ia menyampaikan, tersedia sebanyak 109 booth dan semua sudah terisi. “Tidak semua anggota Himpuh bisa ikut, tapi ada booth khusus Himpuh untuk memperkenalkan diri, anggotanya, serta memberi penjelasan terkait haji dan umrah,” katanya.

Bacaan Lainnya

Sejumlah talkshow akan digelar selama penyelenggaraan Isra Festival. Salah satunya talkshow pada hari pertama penyelenggaraan Isra Festival yang akan membahas seputar strategi memilih travel umrah. Talkshow ini mengusung tema “Transparansi Biaya Umrah di Indonesia: Jangan Tergiur dengan Harga Murah”.

Direktur Traya Eksebisi Internasional Bambang Setiawan menyampaikan, Isra Festival akan dilaksanakan di Hall A JCC. Di area seluas 3.000 meter persegi ini terdapat ratusan stan yang diisi oleh perusahaan travel, hotel atau akomodasi halal, wisata Muslim, transportasi, makanan halal, aplikasi travel halal, produk keuangan syariah, dan industri pendukung.

“Pameran ini merupakan pameran pertama untuk haji, umrah, dan wisata Halal. Kami berharap ini bisa menjadi pameran tahunan. Alhamdulillah, kami dapat melaksanakan kegiatan ini bekerja sama dengan Himpuh, Zurich Syariah, dan BSI,” katanya.

Isra Festival mengambil tema “Muslim Friendly Tourism”. Bambang menyebut, wisata halal tumbuh luar biasa dari tahun ke tahun. Dengan pasar dan kesempatan yang besar, wisata halal bisa dikelola untuk meningkatkan ekonomi pengusaha lokal.

Ia menyebut, kehadiran UMKM multiproduk akan ikut meramaikan pameran ini. Harapannya, keikutsertaan dari berbagai sektor terkait haji, umrah, dan wisata halal dalam pameran ini dapat menghadirkan ekosistem yang lengkap.

“Harapannya kegiatan ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi pengunjung dalam mendapatkan informasi lengkap. Pasti ada penjelasan lebih detail tentang info haji umrah dari Himpuh,” ujar dia.

Menurut Bambang, kegiatan yang berlangsung tiga hari ini diharapkan dapat mendatangkan kurang lebih 30 ribu pengunjung. Harga tiket masuk sebesar Rp 20 ribu dapat dibeli secara daring, melalui aplikasi dan situs web israfestival.com.

Department Head Hajj and Umra Ecosystem BSI, Ayun Kurniawan menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program dalam Isra Festival ini. Salah satunya, program pembiayaan Mitraguna Berkah yang memberikan cicilan 0 persen selama 12 bulan bagi nasabah yang akan melaksanakan umrah.

“BSI siap menjadi mitra bagi yang menginginkan kemudahan akses dan cepat saat membuka tabungan. Cukup dengan mengunduh aplikasi BSI Mobile dan selfie, sudah bisa memiliki tabungan haji,” kata dia.

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait