Temui Wakil PM Singapura, Wapres Bahas Ekonomi Syariah

wakil-presiden-wapres-k-h-maruf-amin-bertemu-wakil-perdana

EKISNEWS – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin bertemu Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Parliament Of Singapore, Selasa (18/10/2022). Pertemuan Ma’ruf dengan Lawrence Wong yang juga menjabat sebagai Menteri Keuangan Singapura ini, membahas mengenai kerja sama ekonomi termasuk pentingnya ekonomi syariah, produk halal hingga pariwisata.

“Tentunya, kemitraan ekonomi ini harus terus ditingkatkan,” kata Ma’ruf dikutip dari siaran pers Sekretariat Wakil Presiden.

Ma’ruf menyampaikan Singapura merupakan investor asing terbesar di Indonesia. Ia menyebut, hingga Juni tahun 2022 tercatat realisasinya capai 6,7 miliar dolar AS.

Bacaan Lainnya

“Total perdagangan kita Agustus ini juga naik lebih dari 36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” kata.

Sedangkan ekonomi Syariah, Ma’ruf menuturkan sektor ini punya potensi besar untuk perkuat ekonomi kedua negara. Sebab, kata dia ekonomi syariah mampu membantu memulihkan ekonomi di tengah ancaman resesi, khususnya setelah pandemi Covid-19.

“Transaksi syariah gunakan model bisnis bagi hasil yang berikan rasa aman. Serta adanya dana wakaf yang terjangkau dan berpotensi jadi aset produktif. Potensi ekonomi ini harus kita kembangkan bersama,” kata Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah tersebut.

Sementara mengenai produk halal dan pariwisata, Ma’ruf juga mengungkapkan saat ini tren wisata muslim mulai meningkat di berbagai negara. Untuk itu, sebagai negara tetangga dan hub bagi para wisatawan menuju Indonesia, peran serta Singapura sangat diharapkan dalam memperkuat kerja sama ini.

“Tahun ini, Indonesia berhasil naik peringkat 2 dalam Global Muslim Travel Index. Oleh karenanya, peran Singapura sebagai hub bagi para wisatawan Muslim ke Indonesia jadi sangat penting,” kata Ma’ruf.

“Ke depan, saya harapkan penguatan kolaborasi Indonesia-Singapura untuk dorong kemajuan wisata Muslim,” tambahnya.

Sejalan dengan Wapres, Wakil Perdana Menteri Singapura menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan baik dan menyambut baik rencana-rencana kerja sama ke depannya.

“Saya yakin kerja sama Indonesia dan Singapura akan semakin kuat,” katanya.

Hadir mendampingi Wapres dalam pertemuan ini Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

Sementara Wakil Perdana Menteri Singapura didampingi oleh Direktur Jenderal Asia Tenggara Catherine Wong, Sekretaris Utama Wakil Perdana Menteri Singapura Joshua Lo, Wakil Direktur Terrence Teo, dan Country Officer Andrew Leung.

(rel)

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait