Kementan RI: Kebutuhan Hewan Kurban Tahun Ini Naik Dua Persen

EKISNEWS – Kementerian Pertanian (Kementan) RI mencatat permintaan hewan kurban pada tahun ini mengalami peningkatan dua persen dibandingkan pada tahun 2022. Kementan menyatakan, saat ini stok hewan kurban masih dalam posisi aman.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Nasrullah, menjelaskan, saat ini ketersediaan secara nasional untuk hewan kurban seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba sebanyak 2,73 juta ekor.

Prognosa kebutuhan pada tahun ini mencapai 1,74 juta ekor atau tumbuh dua persen dibandingkan kebutuhan tahun 2022.

Bacaan Lainnya

“Melihat dari ketersediaan nasional dan kebutuhan InsyaAllah kebutuhan hewan kurban masih bisa dipenuhi. Perihal distribusi juga InsyaAllah sudah kami rencanakan dengan matang dan semoga tidak ada kendala,” ujar Nasrullah, Jumat (2/6/2023).

Untuk produksi dalam negeri, kata Nasrullah, pada tahun ini mencapai 2,5 juta ekor. Khususnya untuk bulan Juni 2023 menjelang Idul Adha, akan ada 741 ribu ekor sapi lokal yang siap potong. Sedangkan carry over tahun 2022 masih ada stok 56,4 ribu ton daging sapi.

“Kami ada rencana impor namun melihat lagi ketersediaannya. Rencana impor sekitar 371 ribu ekor sapi,” jelas Nasrullah.

Nasrullah mengatakan, pemerintah terus berkordinasi dengan stakeholder untuk memastikan ketersediaan hewan kurban jelang momen Idul Adha tahun ini.

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait