Baznas Luncurkan Beasiswa Santri, Ajak Muzaki BUMN-Bank Berzakat

baznas

EKISNEWS – Baznas meluncurkan program beasiswa ke perguruan tinggi untuk ribuan santri berprestasi dari berbagai pondok pesantren di seluruh Indonesia. Untuk meningkatkan program ini, Baznas mengajak para muzaki (mereka yang wajib zakat), termasuk BUMN dan bank untuk ikut bersedekah.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Baznas KH Noor Achmad, yang ikut serta dalam acara peluncuran beasiswa santri sekaligus untuk memperingati Hari Santri 2022, pada Sabtu (22/10) di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta.

Ia mengatakan, untuk saat ini beasiswa santri yang diluncurkan adalah sejumlah 2.500, namun kuota itu akan bertambah seiring dengan jumlah sedekah yang diberikan oleh muzaki dari berbagai instansi pemerintahan lainnya, termasuk BUMN dan bank di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Tentu saja akan ditambah dan akan berkembang, manakala para muzaki BUMN-BUMN bank-bank nanti zakatnya diberikan kepada Baznas RI dan itu berarti sekaligus menambah untuk para beasiswa santri yang akan datang. Itu janji kami,” tegas Noor.

Noor menerangkan, saat ini ribuan beasiswa tersebut sedang dipersiapkan bagi siswa-siswi yang hendak naik ke kelas tiga SMA atau sudah di tahun terakhir sekolahnya.

Dan untuk mematangkan persiapan itu, Baznas bahkan berkoordinasi dengan forum rektor untuk menggelar training soft skill khusus bagi para pelajar yang nantinya menerima beasiswa tersebut.

“2500 ini akan kita siapkan mereka saat sekarang ini mau masuk ke kelas tiga atau kelas dua atau sudah kelas tiga tapi kita siapkan betul, mau ke mana mereka akan melanjutkan studinya? Sehingga kita kasih arahan khusus sekaligus juga training-training khusus sehingga mereka bisa bertanding dan bersaing,” tutur dia.

beasiswa-santri-baznas

Lebih lanjut, pemberian beasiswa tersebut tidak hanya untuk perguruan negeri di Indonesia saja, tetapi Baznas juga telah bekerja sama dengan Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir, dan menyediakan kuota sebanyak 300 beasiswa yang ingin melanjutkan studi di sana.

“Dan bila diperkenankan, kami juga mohon bapak wakil presiden yang bisa meluncurkan langsung di Mesir,” ucap Noor, seraya mengacu kepada KH Ma’ruf Amin yang turut hadir dalam acara tersebut.

Noor berharap, santri-santri penerima beasiswa Baznas itu nantinya dapat meneruskan kepemimpinan amanah Indonesia dan menjadi kader-kader bangsa yang hebat di bidangnya, mengikuti jejak para ulama yang pernah menjadi pemimpin di Tanah Air.

(rel)

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait