Perdagangan Internasional: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Faktor Pendorongnya

EKISNEWS – Secara umum, perdagangan internasional adalah sarana pertukaran barang dan jasa skala internasional. Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan.

Perbedaan internasional kini berkembang sangat pesat. Kerja sama antar negara dalam hal perdagangan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Bacaan Lainnya

Pengertian Perdagangan Internasional

Mengutip dari situs jdih.kemendag.go.id, perdagangan internasional adalah transaksi jual beli antar negara dalam bentuk ekspor – impor di suara pasar untuk mencapai keuntungan antara dua belah pihak. Perdagangan internasional akan saling menguntungkan.

Alasannya seperti berikut:

  • Perdagangan internasional berkaitan dengan transaksi antar dua negara yang saling menguntungkan.
  • Dapat memberikan barang dan jasa yang beragam.
  • Mendatangkan efisiensi dengan demikian semua keperluan dalam sebuah negara bisa terpenuhi.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perdagangan internasional. Berikut empat faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.

1. Perbedaan sumber daya alam

Perbedaan sumber daya yang dimiliki membuat negara perlu membeli produk atau jasa yang dijual negara lain. Dengan demikian, kebutuhan dalam negeri bisa terpenuhi.

2. Menghemat biaya produksi

Terdapat beberapa produk yang memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi untuk memproduksinya. Sayangnya, tidak semua negara memiliki kemampuan yang sama.

Negara yang masih belum memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi akan mengeluarkan biaya tinggi untuk memproduksi sebuah produk. Maka dari itu, lebih hemat jika membelinya dari negara lain.

3. Memenuhi kebutuhan nasional

Terkadang sebuah negara tidak bisa memenuhi barang dan jasa yang menjadi kebutuhan penduduknya. Maka dari itu, negara tersebut memilih membeli barang atau jasa dari negara lain agar kebutuhan nasional terpenuhi.

4. Perbedaan penguasaan teknologi

Setiap negara memiliki kemampuan yang berbeda terkait penguasaan teknologi. Oleh karena itu, banyak negara yang akhirnya melakukan perdagangan internasional agar bisa memenuhi kebutuhan penduduknya.

Contoh perdagangan internasional antara Indonesia dan Jepang. Indonesia membeli mobil dari negara Jepang karena negara matahari terbit tersebut memiliki kemampuan lebih mumpuni dalam hal pembuatan mobil.

Tujuan Perdagangan Internasional

Kegiatan perdagangan internasional dilakukan karena tujuan tertentu, seperti;

  • Meningkatkan devisa negara
  • Menunjang pertumbuhan ekonomi.
  • Menjaga stabilitas harga barang yang dibeli dari luar negeri.
  • Memenuhi kebutuhan dalam negeri.
  • Mendapatkan keuntungan internal dan eksternal.
  • Memperluas pasar.
  • Transfer teknologi terkini

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional dilakukan oleh dua negara atau lebih. Saat menjalankan transaksi perdagangan antar negara ternyata ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh, antara lain;

1. Menjalin hubungan persahabatan antar negara

Dengan adanya perdagangan internasional, maka akan terbentuk persahabatan antar negara. Kondisi tersebut ternyata bisa memperluas kerja sama di bidang lain.

2. Mewujudkan efisiensi dan spesialisasi

Perdagangan internasional bisa membuat sebuah negara mempunyai spesialisasi di bidang tertentu. Artinya, negara tersebut akan mempunyai penduduk dengan keahlian khusus di bidang tertentu. Dengan demikian, sebuah negara bisa menghasilkan produk atau jasa yang bernilai ekspor.

3. Mengurangi angka pengangguran

Perdagangan internasional ternyata bisa mengurangi pengangguran. Pasalnya, jual beli internasional akan meningkatkan produksi dalam negeri sehingga dapat membuka lowongan kerja lebih luas.

Dampak Negatif Perdagangan Internasional

Meskipun memiliki banyak manfaat, perdagangan internasional tetap memiliki beberapa dampak negara, seperti berikut:

  • Produk dalam negeri berpotensi mengalami penurunan
  • Membuat sebuah negara bergantung pada negara maju.
  • Industri kecil akan sulit bersaing.
  • Bisa memicu persaingan tidak sehat.

Itulah penjelasan seputar perdagangan internasional. Meskipun memiliki manfaat, tetap ada dampak negatif hingga hambatan perdagangan internasional.

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait