Kembangkan Ekonomi Syariah, Wapres Temui Perwakilan Dinar Standard

wapres-dinar standard

EKISNEWS – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor ekonomi dan keuangan syariah. Untuk itu, Ma’ruf bertemu dengan perwakilan Dinar Standard di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE) pada Jumat (4/11/2022).

Dinar Standard merupakan lembaga kajian internasional yang fokus pada ekonomi Islam global termasuk di dalamnya perdagangan halal, akan mengkaji pencatatan dalam pemeringkatan ekspor produk halal dalam laporan yang rutin dikeluarkan setiap tahun.

Mereka pun menjadi referensi penting bagi Indonesia dalam strategi atau menyusun kebijakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah pada tiap-tiap sektro unggulan.

Bacaan Lainnya

“Saya menyampaikan bahwa Indonesia saat ini memiliki keinginan besar untuk membangun sistem ekonomi dan keuangan syariah dan ingin bermain secara global. Karena itu, Indonesia membangun ekosistem baik kelembagaan maupun juga penjaringan. Indonesia membangun kelembagaan yaitu KNEKS untuk pusat dan KDEKS untuk daerah,” tulisnya dalam Instagram.

Kepada Dinar Standard, Ma’ruf memaparkan empat fokus untuk meningkatkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, di antaranya pengembangan industri halal, industri keuangan, pembangunan usaha syariah, dan keuangan sosial syariah.

Secara terperinci, Wapres menjelaskan pengembangan bisa mulai dari kawasan industri halal diberbagai daerah, kemudian masuk ke beberapa komoditas halal di Indonesia, meliputi fesyen muslim, makanan, minuman, hingga pariwisata.

Terakhir, Ma’ruf Amin mengharapkan ke depannya banyak investor yang datang ke Indonesia untuk berinvestasi di bidang ekonomi dan keuangan syariah, terkhusus di sektor parawisata ramah muslim. (rel)

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait