Industri Keuangan Islam Hadir di Rusia

EKISNEWS – Lebih dari 20 juta Muslim dapat mengakses instrumen pembiayaan Islam dan melakukan transaksi keuangan yang halal.

Pada tahun 2023, Rusia mengesahkan undang-undang tentang perbankan Islam – dalam dua tahun mendatang, akan dilakukan percobaan penggunaannya di salah satu negara terbesar di dunia.

Eksperimen untuk mengimplementasikan perbankan Islam di wilayah-wilayah Rusia akan berlangsung hingga September 2025, dan wilayah eksperimen dapat diperluas di negara ini.

Bacaan Lainnya

Peserta eksperimen tidak diizinkan untuk menetapkan imbalan dalam bentuk tingkat bunga saat melakukan transaksi, tetapi mereka dapat menetapkan pembayaran dalam jumlah yang bervariasi tergantung pada hasil dari operasi yang dilakukan.

Mereka juga tidak diizinkan untuk mendanai kegiatan yang terkait dengan produksi tembakau, minuman beralkohol, senjata, amunisi, dan bisnis perjudian.

Diperkirakan potensi pasar keuangan Islam di Rusia sekitar $11 miliar.

Pernyataan tersebut dibuat oleh Ketua Komite Duma Negara Federasi Rusia untuk Pasar Keuangan, Anatoly Aksakov, di KazanForum 2023.

Menurut pernyataan Wakil Ketua Dewan Federasi Rusia Nikolya Zhuravlev, yang dibuat pada Forum tahun 2023, keuangan Islam telah menjadi sektor mandiri yang signifikan di pasar keuangan global: lebih dari 500 lembaga perbankan dan keuangan Islam beroperasi di 105 negara dengan total aset lebih dari $2 triliun.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ekispedia.com (@ekispediacom)

Para ahli melihat prospek pengembangan pembiayaan mitra di Rusia dengan kemungkinan menarik modal dari negara-negara sahabat.

Eksperimen ini dilakukan di empat wilayah di Rusia, termasuk Republik Tatarstan, di mana setiap tahun diselenggarakan Forum Ekonomi Internasional “Rusia – Dunia Islam: KazanForum” yang melibatkan negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Berdasarkan diskusi para ahli dalam Forum 2022 (KazanSummit 2022), Rusia telah memutuskan untuk mengujicobakan proyek dan pengaturan hukum terkait mekanisme pembiayaan mitra di beberapa wilayah tertentu.

RUU tersebut telah diajukan ke parlemen negara dan didukung oleh Kementerian Keuangan dan Bank Sentral Rusia.

Pada periode ini, kartu debit Islam pertama di Republik Tatarstan diluncurkan berdasarkan sistem pembayaran “Mir”, dan bank terkemuka di Rusia membuka kantor pembiayaan mitra Islam pertama di ibu kota Republik Kazan, yang sesuai dengan prinsip syariah.

Berdasarkan pengalaman Rusia dan negara lainnya, peserta KazanForum 2023 (termasuk perwakilan parlemen, pemerintah, dan Bank Sentral Rusia) membahas prospek perluasan proyek pilot ke wilayah-wilayah lain di negara ini dengan pengaturan hukum yang komprehensif bagi jenis bisnis ini.

Para ahli mempertimbangkan kemungkinan adaptasi pengalaman negara-negara Islam dalam pengembangan pasar keuangan Islam.

Dalam rangkaian acara “Keuangan Islam”, para perwakilan bisnis dan perbankan Islam ikut serta, mereka tertarik dalam pengembangan proyek kemitraan di wilayah Rusia.

KazanForum 2023 menjadi kesempatan bagus bagi para pengusaha untuk menemukan mitra perdagangan, keuangan, dan teknologi, memasuki pasar baru, dan menarik investasi.

Sekarang, berkat pengesahan undang-undang dan perkembangan perbankan Islam di Rusia, hal ini akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Peluang baru untuk bisnis Islam di wilayah-wilayah Rusia akan dibahas dalam KazanForum 2024, yang akan diselenggarakan di Kazan pada tanggal 14-19 Mei 2024 mendatang.

Pusat Pengembangan Perbankan Islam bisa muncul di Republik Tatarstan. Spesialis dari Malaysia telah diundang ke wilayah tersebut, di mana pembiayaan mitra digunakan secara luas dan pengalaman kaya telah terakumulasi dalam penerbitan dan penggunaan sukuk.

Para profesional keuangan Rusia akan bisa berkonsultasi dengan para ahli mengenai masalah perpajakan, akuntansi, dan pembuatan produk dengan memperhitungkan kekhususan hukum di Rusia dan pengalaman dalam pembiayaan mitra.

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait