Diisolasi AS Cs, Rusia Mulai Pakai Ekonomi Syariah di Wilayah Muslim

EKISNEWS – Parlemen Rusia (State Duma) mengesahkan rancangan undang-undang penerapan ekonomi syariah di empat wilayah yang mayoritas berpenduduk Muslim mulai September mendatang.

RUU itu disahkan State Duma pada pertengahan Juli lalu ketika Rusia terus diisolasi Barat dari pasar internasional imbas invasinya ke Ukraina. RUU ini bakal mulai diterapkan mulai 1 September mendatang. Keempat wilayah yang menjadi proyek percobaan adalah Dagestan, Chechnya, Bashkortostan, dan Tatarstan.

Dikutip kantor berita Rusia, TASS, eksperimen ini akan berlangsung dua tahun hingga 1 September 2025 dan mungkin diperpanjang dengan pengawasan dari bank sentral Rusia.

Bacaan Lainnya

Bank sentral Rusia telah membentuk dewan khusus untuk mengawali pengenalan sistem perbankan syariah ini. Dewan arbitrase ini akan mengevaluasi apakah keputusan bank yang ikut berpartisipasi dalam proyek ini telah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah Islam.

Dikutip Radio Free Europe pada pertengahan Juli lalu, sistem perbankan syariah Islam menerapkan larangan mengambil keuntungan.

Meski undang-undang ekonomi Rusia memungkinkan pengumpulan remunerasi variabel, sejumlah ahli menilai pembentukan Dewan Syariah di bawah bank sentral bertentangan dengan hukum Rusia.

Dilansir kantor berita Anadolu Ajansi, Asosiasi Pakar Keuangan Islam Rusia, Alexandr Kazakov, mengatakan ini adalah waktu yang tepat bagi Rusia untuk “melupakan” pasar keuangan Barat dan fokus bekerja sama dengan negara Arab serta Asia.

“Di tingkat korporasi, sudah jelas bahwa semua pusat keuangan Barat tertutup bagi modal Rusia, kita tidak punya pilihan selain mengembangkan alternatif yang terjangkau. Saatnya melupakan keberadaan London dan berkonsentrasi pada Beijing, New Delhi, Singapura, Kuala Lumpur, dan negara-negara Teluk Arab,” kata Kazakov.

Menurut Kazakov, perbankan Islam telah berkembang secara aktif dalam beberapa tahun terakhir dengan Timur Tengah menjadi pusat terbesar perbankan Islam dan Malaysia untuk pasar keamanan Islam.

Ditanya apakah model keuangan Islam dapat melawan sistem keuangan Barat, Kazakov berkata:

“Kita akan hidup dan kita akan melihat. Sistem keuangan Barat sekarang berada dalam krisis serius. Semuanya akan bergantung pada bagaimana ia bertahan dari krisis ini dan apakah ia bertahan.”

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait