Layanan Ziswaf Dompet Dhuafa Diupayakan Makin Inovatif

EKISNEWS – Selama 29 tahun Dompet Dhuafa (DD) berusaha terus mengembangkan layanan pengelolaan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf). Menurut Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Rahmad Riyadi, DD berusaha menyalurkan dana zakat secara efektif dan inovatif.

Ia menyampaikan, apa yang telah dilakukan DD selama ini bisa dijadikan model pemberdayaan antarlembaga pengelola zakat.

“Sehingga, saat kita menjumpai event seperti ini di tahun depan, kita akan menjumpai program-program pemberdayaan yang semakin inovatif lagi,” kata Rahmat saat menyampaikan paparan Annual Report 2022 pada ajang Indonesia Giving Fest (IGF)- Zakat Expo 2022 di Jakarta, akhir pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang terlibat serta apresiasi kepada Forum Zakat (Foz) yang telah menginisiasi penyelenggaraan IGF 2022. Dia meniai, Foz telah berhasil menghadirkan IGF 2022 sebagai event tahunan yang bermanfaat bagi gerakan zakat di Tanah Air.

Dalam momentum tersebut, DD juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) sinergi kebaikan bersama Yayasan Bahtera Maju Indonesia (YBMI). Melalui MoU ini, YBMI dikukuhkan sebagai Mitra Pengelola Zakat (MPZ) DD. Selain itu, DD juga menandatangani MoU kerja sama dengan aplikasi digital DUITHAPE.

Direktur Business Operation Support (BOS) DD, Prima Hadi Putra, menegaskan, pada 2022, ini total penghimpunan zakat DD mencapai Rp 394,3 miliar dan total penyaluran Rp 377,14 miliar. Dengan rasio penggunaan biaya operasional Rp 45,7 miliar atau 11,59 persen, maka kinerja penyaluran DD dinilai sangat efektif.

‘’Alhamdulillah, total penerima manfaat Dompet Dhuafa di tahun 2022 sejumlah 2,9 juta jiwa dan total penerima manfaat selama 29 tahun sejumlah 31,2 juta jiwa,’’ kata dia

Sementara itu, IGF-Zakat Expo 2022 yang berlangsung pada 23- 24 Desember di Tennis Indoor Senayan, Jakarta telah berakhir dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Direktur Eksekutif Foz Agus Budiyanto menyampaikan, IGF-Zakat Expo 2022 menjadi wadah bagi gerakan zakat di Indonesia. Ajang ini juga menjadi sarana interaksi bagi organisasi pengelola zakat (OPZ) dan masyarakat luas.

“Signature event Indonesia Giving Fest-Zakat Expo 2022 yang kami laksanakan ini dimaksudkan untuk menghadirkan seluruh lembaga yang aktif dalam gerakan zakat dengan berbagai program unggulannya, seluruh networking medianya, dan berbagai relawan terbaiknya untuk saling berkolaborasi dan menularkan serta menegakkan syiar zakat,” ujar Budi.

Berbagai agenda berhasil dilaksanakan dalam ajang ini dengan melibatkan banyak stakeholder seperti pameran program pemberdayaan, Zakat Award 2022, talkshow, megaseminar, annual reports OPZ, hiburan, penggalangan donasi, festival makanan, hingga konser amal.

Selain menjadi sarana untuk saling berinteraksi, IGF-Zakat Expo 2022 juga merupakan ajang pertanggungjawaban seluruh OPZ kepada masyarakat untuk menunjukkan pengelolaan dana zakat melalui berbagai program selama ini. “Untuk itu, pastinya setiap OPZ akan menampilkan yang terbaik,’’ kata Budi.

Tak lupa, Budi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan IGF-Zakat Expo 2022. Diharapkan, perhelatan ini menjadi pijakan yang baik untuk menguatkan gerakan zakat ke depan.

‘’Sampai bertemu lagi di IGF 2023,” ujar Budi.

IGF-Zakat Expo 2022 mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag) Tarmizi Tohor mengatakan, Kemenag menyambut baik kehadiran lembaga amil zakat dan keikutsertaannya dalam membangun gerakan zakat di Indonesia.

Ia menilai, IGF-Zakat Expo 2022 merupakan langkah yang tepat untuk mengedukasi generasi muda dalam tata kelola zakat dan kontribusinya dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia. (rel)

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait