Sulsel Jadi Daerah Pertama Miliki Zona Kuliner KHAS

Foto: Antara/Arnas Padda

EKISNEWS – Sulawesi Selatan merupakan daerah pertama di Indonesia yang menetapkan zona kuliner halal, aman dan sehat (KHAS) yang berlokasi di Lego-lego Center Point of Indonesia (CPI), Makassar.

“Zona kuliner khas Sulsel ini yang merupakan pertama di Indonesia, resmi hadir di kawasan Lego-lego dan menjadi potensi destinasi wisata baru di Makassar,” kata Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah (KNEKS), Putu Rahwidhiyasa pada acara Pekan Ekonomi Syariah 2023 Ratu Fasher KTI 2023 di Kawasan CPI Makassar, Senin (3/4/2023).

Dia mengatakan, hal tersebut patut mendapat apresiasi karena zona khas pertama di Indonesia ini berada di lokasi pariwisata khususnya di kawasan CPI. Keberadaan zona KHAS Sulsel ini, lanjut dia, merupakan hal yang baru untuk perkembangan industri halal di Provinsi Sulsel.

Karena itu, Putu menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama perangkat daerahnya dan juga kepada pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang senantiasa memberikan dukungan pada pelaku UMKM. Melalui zona tersebut, diharapkan pelaku UMKM yang andal dan berkompeten di sektor makanan halal bisa meningkatkan kualitas layanan dan produknya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman Karana mengatakan, pada Facial 2023 ini terdapat dua agenda yakni peluncuran Sonahas dan pelepasan ekspor produk halal. “Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Facial KTI dan Sulawesi Selatan pada tahun lalu menjadi tuan rumah,” kata Iman.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman mengapresiasi kepala perwakilan BI Sulsel karena dinilai sudah menyebarkan prinsip ekonomi syariah di kalangan masyarakat dan turut membantu pelaku usaha UMKM.

-----------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News

Pos terkait